KEUTAMAAN MEMBANTU SEORANG PENUNTUT ILMU



Sahabat yang Mulia Anas bin Malik radhiyallahu’anhu berkata,

كَانَ أَخَوَانِ عَلَى عَهْدِ النَّبِىِّ صلى الله عليه وسلم فَكَانَ أَحَدُهُمَا يَأْتِى النَّبِىَّ صلى الله عليه وسلم وَالآخَرُ يَحْتَرِفُ فَشَكَا الْمُحْتَرِفُ أَخَاهُ إِلَى النَّبِىِّ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ لَعَلَّكَ تُرْزَقُ بِهِ

“Dahulu ada dua orang bersaudara di masa Nabi shallallahu’alaihi wa sallam. Salah satu dari keduanya selalu mendatangi Nabi shallallahu’alaihi wa sallam (untuk menuntut ilmu agama), dan salah satunya lagi sibuk bekerja, maka yang bekerja ini mengadukan saudaranya (yang tidak membantunya bekerja) kepada Nabi shallallahu’alaihi wa sallam, beliau pun bersabda: Bisa jadi engkau diberi rezeki karena saudaramu itu.” [HR. At-Tirmidzi dari Anas bin Malik radhiyallahu’anhu, Shahih Al-Jami’: 5084]


Asy-Syaikh Ibnul ‘Utsaimin rahimahullah berkata,

فإذا أعنت طالب علم في شراء الكتب له أو تأمين السكن أو النفقة أو ما أشبه ذلك فإن لك أجرا أي مثل أجره من غير أن ينقص من أجره شيئا

“Maka apabila engkau menolong seorang Penuntut ilmu dalam membeli buku-buku baginya, atau menyediakan asramanya, atau memberi infak kepadanya, atau yang semisal dengannya, maka engkau akan mendapatkan pahala seperti Penuntut ilmu tersebut tanpa mengurangi pahalanya sedikit pun.”


📢 Kaum muslimin rahimakumullaah...

✅ Menuntut ilmu agama adalah ibadah yang sangat agung, terlebih lagi apabila ilmu itu diamalkan dan didakwahkan, maka pahalanya akan terus mengalir insya Allah, walau kita telah pergi meninggalkan dunia ini.

✅ Alhamdulillah, sungguh sangat besar semangat para pemuda dari berbagai penjuru tanah air untuk menuntut ilmu dalam Program Pendidikan Da'i Sunnah - Ma'had Imam Syafi’i - Markaz Ta'awun Dakwah dan Bimbingan Islam.

✅ Saat ini Ma'had Imam Syafi'i membina 3 kelas dengan sekitar 70 santri yang berasal dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua, semuanya mendapatkan beasiswa pendidikan selama 2 tahun, dan akan dibuka pendaftaran setiap semester insya Allah.

✅ Kami juga sedang membangun tambahan ruangan kelas dan asrama santri, yang alhamdulillah sudah masuk tahap pondasi bangunan, seperti tampak dalam gambar.

✅ Maka kami membuka kesempatan bagi kaum muslimin untuk ikut andil dalam usaha membantu para Penuntut ilmu dan menyebarkan dakwah tauhid dan sunnah ini, semoga menjadi investasi terbaik insya Allah di kehidupan yang kekal abadi.


  1. Donasi IQRO Asy Syafi'i
  2. TAJWID Asy Syafi'i
  3. Cetak RAPORT tahfidz
  4. BUKU SETORAN tahfidz tahsin
  5. untuk DarulTahfidz yatim dhuafa AlKausar

Rekening yayasan Arisan Nasi Indonesia 
Bank Mandiri 1340010363041

Alhamdulillah Syukron Jazakumullahu Khairan barakallahu fikum


Contact Us :

WhatsApp : 081289851319
Facebook : Arisan nasi
Instagram : Darul Tahfidz Al Kausar
YOUTUBE : Darul Tahfidz Al Kausar
Email : arisannasi@gmail.com
Website : https://www.arisannasi.org

Belum ada Komentar untuk "KEUTAMAAN MEMBANTU SEORANG PENUNTUT ILMU"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel