RAMADHAN BULAN AL QUR'AN


Allah telah memilih bulan ramadhan untuk menurunkan kitab suci Nya. Bahkan seluruh kitab samawi seperti taurat , injil dan Zabur diturunkan dari langit  pada bulan Ramadhan. Sungguh alangkah mulianya bulan yang penuh berkah ini, maka berbahagialah orang yang berjumpa dengan bulan Ramadhan.

Allah Ta’ala berfirman :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). (QS Al Baqarah : 185)

Allah Ta’ala juga  berfirman :
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan”. (QS Al Qadr : 1).

Allah Ta’ala berfirman :
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan”. (QS Ad Dukhan : 3).

Watsilah bin Al Asqa’ radhiyallahu anhu  meriwayatkan dari Nabi shalallahu alaihi wasallam  bersabda :
أُنْزِلَتْ صُحُفُ إِبْرَاهِيمَ فِيْ أَوَّلِ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ، وَأُنْزِلَتِ التَّوْرَاةُ لِسِتٍّ مَضَيْنَ مِنْ رَمَضَانَ وَالْإِنْجِيلُ لِثَلَاثَ عَشْرَةَ خَلَتْ مِنْ رَمَضَانَ، وَأُنْزِلَ الْقُرْآنُ لِأَرْبَعٍ وَعِشْرِيْنَ خَلَتْ مِنْ رَمَضَانَ

“Suhuf Ibrahim diturunkan pada malam pertama dibulan Ramadhan, sedangkan Taurat pada hari ke enam di bulan Ramadhan, adapun injil pada hari ke tiga belas berlalu  dari bulan Ramadhan, dan diturunkan  Al Qur’an pada hari ke dua puluh empat berlalu dari bulan Ramadhan”.  (HR Ahmad,  4/107: 16984).

Al Imam Ibnu Katsir rahimahullah  berkata :  “Allah Ta’ala memuji bulan Ramadhan dari bulan-bulan lainnya, Dia telah memilihnya diantara semua bulan sebagai bulan yang padanya diturunkan Al Qur’an yang agung. Sebagaimana Allah Ta’ala telah mengkhususkan seperti terdapat dalam Hadits Bahwasannya Bulan Ramadhan juga padanya diturunkan Kitab-kitab Ilahiyyah kepada para Nabi ‘Alaihimus Salam. Adapun Shuhuf (Ibrahim),  Taurat, Injil dan Zabur diturunkan kepada para Nabi secara sekaligus. Sementara Al Qur’an diturunkan secara sekaligus ke Baitul ‘Izzah di Langit Dunia dan itu terjadi di bulan Ramadhan pada malam lailatul Qadar, sebagaimana Firman Allah Ta’ala : “Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al Qur’an pada malam lailatul Qadar”. Dan Firman Allah Ta’ala : “Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al Qur’an di malam yang penuh berkah”, Kemudian Al Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam secara bertahap sesuai dengan peristiwa ”. (Shahihu Tafsiri Ibni Katsir, Mushthafa Al ‘Adawi 1/210).

Al Imam Ibnu Jarir At Thabari rahimahullah berkata :

“Al Qur’an diturunkan dari Lauhil Mahfudz ke langit dunia pada malam lailatul Qadar di Bulan Ramadhan, lalu Allah Ta’ala menurunkannya kepada Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam sesuai dengan yang dikehendaki-Nya”. (Tafsir At Thabari 2/114).

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu anhuma ia berkata :

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ، وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ، وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ القُرْآنَ، فَلَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدُ بِالخَيْرِ مِنَ الرِّيحِ المُرْسَلَةِ

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam adalah manusia paling dermawan, terutama pada bulan Ramadlan ketika malaikat Jibril 'Alaihissalam mendatanginya, dan Jibril 'alaihissalam mendatanginya setiap malam bulan Ramadlan dan dia mengajarkan Al Qur'an kepada Beliau shallallahu 'alaihi wasallam. Sungguh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ketika didatangi Jibril 'alaihissalam kedermawanannya jauh melebihi daripada angin yang berhembus". (HR Bukhari : 1902, Muslim : 2308)

Diantara dalil yang menunjukan bulan Ramadhan adalah bulan puasa dan bulan Al Qur’an adalah di gandengkannya puasa dengan Al Qur’an yang akan member syafa’at pada hari kiamat.

Dari Abdullah bin ‘Amer radhiyallahu anhuma, Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda :

الصِّيَامُ وَالْقُرْآنُ يَشْفَعَانِ لِلْعَبْدِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، يَقُولُ الصِّيَامُ: أَيْ رَبِّ , مَنَعْتُهُ الطَّعَامَ وَالشَّهَوَاتِ بِالنَّهَارِ , فَشَفِّعْنِي فِيهِ، وَيَقُولُ الْقُرْآنُ: مَنَعْتُهُ النَّوْمَ بِاللَّيْلِ , فَشَفِّعْنِي فِيهِ، قَالَ: فَيُشَفَّعَانِ

Puasa dan Al Qur’an akan member syafa’at kepada seorang hamba pada hari kiamat, Puasa berkata, Wahai Rabb, aku telah mencegahnya dari makan dan syahwat disiang hari, maka berilah syafa’at melaluiku kepadanya, Al Qur’an berkata, “Aku telah mencegahnya dari tidurnya di waktu malam, maka berilahsyafa’at melaluiku kepadanya, Maka keduanya pun memberinya syafa’at” (HR Ahmad : 6626, di shahihkan oleh Al Albani pada Shahihul Jaami’ : 3882)

Sungguh para salafus shalih sangat besar perhatian mereka terhadap Al Qur’an khususnya di bulan Ramadhan, bahkan mereka menyibukan diri dengan Al Quran dibandingkan urusan lainnya. Lihatlah bagiamana Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bertadarus Al Quran dengan Malaikat Jibril alaihis salam disetiap malam romadhan. Bahkan didalam riwayat dari Hudzaifah bin Al Yaman radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam shalat malam dengan membaca surat Al Baqarah, lalu disambung dengan surat An Nisa lalu dengan surat Ali Imran. (HR Muslim : 772).

‘Auf bin Malik mengatakan, “Aku pernah bermakmum shalat malam kepada Rasulullah shalallahu alaihi wasallam, lalu beliau membaca surat Al Baqarah, maka tidaklah beliau melewati ayat ayat rahmat melainkan berhenti lalu memohon rahmat, dan tidaklah beliau melewati ayat ayat adzab melainkan beliau berhenti dan berlindung darinya” (HR Abu Dawud : 873).

Keadaan para salafus shalih berinteraksi bersama Al Qura’an pada bulan Ramadhan :

Imam Ibnu Rojab rahimahullah menggambarkan bagaimana keadaan salafus shalaih bersama Al Qur’an pada bulan Ramadhan, beliau rahimahullah berkata :

[1] Salafus Shalih sibuk dengan Al Qur’an.

وَكَانَ السَّلَفُ يَتْلُوْنَ الْقُرْآنَ فِيْ شَهْرِ رَمَضَانَ فِيْ الصَّلَاةِ وَغَيْرِهَا 
“Adalah salafus shalih kebiasaan mereka membaca Al Quraan baik didalam shalat ataupun diluar shalat”

[2] Qotadah rahimahullah :

وَكَانَ قَتَادَةُ يَخْتِمُ فِيْ كُلِّ سَبْعٍ دَائِمًا، وَفِيْ رَمَضَانَ فِيْ كُلِّ ثَلَاثٍ، وَفِيْ الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ كُلَّ لَيْلَةٍ.

“Adalah Qotadah rahimahullah senantiasa dalam kesehariannya mengkhatamkan Al Quran setip tujuh hari , dibulan Ramadhan setiapa tiga hari dan pada saat sepuluh malam yang akhir setiap malam”

[3] Az Zuhri rahimahullah.

Beliau rahimahullah apabila masuk bulan Ramadhan mengatakan :
فَإِنَّمَا هُوَ تِلَاوَةُ الْقُرْآنِ وَإِطْعَامُ الطَّعَامِ.

Ramadhan adalah bulan membaca Al Quran dan memberi makan. 

[4] Sufyan As Tasuri rahimahullah.

Abdurazaq rahimahullah berkata :
كَانَ سُفْيَانُ الثَّوْرِيُّ إِذَا دَخَلَ رَمَضَانَ تَرَكَ جَمِيْعَ الْعِبَادَةِ وَأَقْبَلَ عَلَى قِرَاءَةِ الْقُرْآنِ

Sufyan Tsauri kalau memasuki bulan Ramadhan beliau meninggalkan semua ibadah dan hanya fokus pada membaca Al Quran”

[5] Imam Malik bin Anas rahimahullah :

Ibnu Abdul Hakam rahimahullah berkata :

كَانَ مَالِكٌ إِذَا دَخَلَ رَمَضَانَ يَفِرُّ مِنْ قِرَاَءةِ الْحَدِيْثِ، وَمُجَالَسَةِ أَهْلِ الْعِلْمِ، وَأَقْبَلَ عَلَى تِلَاوَةِ الْقُرْآنِ مِنَ الْمُصْحَفِ.

“Adalah Malik rahimahullah apabila masuk bulan Ramadhan beliau meninggalkan majlis membaca haditsnya, dan majlis ilmunya, beliau fokus kepada membaca Al Quran dari mushaf”

[6] Zubaid Al Yami rahimahullah :

Sufyan As Tsauri rahimahullah berkata :
كَانَ زُبَيْدُ اَلْيَامِيُّ إِذَا حَضَرَ رَمَضَانُ أَحْضَرَ المَصَاحِفَ وَجَمع إِلَيْهِ أَصْحَابُهُ

“Adalah Zubaid Al Yami apabila masuk bulan Ramadhan beliau keluarkan mushaf dan para sahabatnya berkumpul kepadanya” 

[7] Imam As Syafi’I rahimahullah :

Ar Rabi’ bin Sulaiman rahimahullah berkata :

كَانَ لِلشَّافِعِيِّ فِي كُلِّ شَهْرٍ ثَلَاثُونَ خَتْمَةً وَفِي شَهْرِ رَمَضَانَ سِتُّونَ خَتْمَةً سِوَى مَا يَقْرَأُ فِي الصَّلَاةِ. وعن أبي حنيفة نحوه

Imam Syafi’I rahimahullah setiap bulan terbiasa mengkhatamkan Al Qur’an 30 kali, dan pada bulan Ramadhan mengkhatamkan Al Qur’an sebanyak 60 kali selain yang di baca didalam shalat, demikian juga ada riwayat dari Imam Abu Hanifah yang serupa

[8] Imam Az Zuhri rahimahullah :

وكان الزهري إذا دخل شهر رمضان يفر من قراءة الحديث ومن مجالسة أهل العلم ويُقبل على تلاوة القرآن من المصحف

“Az Zuhri rahimahullah kalau masuk bulan Romadhan beliau meninggalakan membaca hadits (mengkaji hadits), dan meninggalkan  majlis para ahli ilmu, beliau fokus dengan membaca Al Qur’an dari mushaf”

Demikianlah keadaan interaksi salafus shalih dengan al Qur’an dibulan ramdhan, mereka sudah terbiasa membaca al Qur’an dari mushaf mushaf mereka pada hari hari biasa, dan tentunya hal ini akan lebih ditingkatkan lagi ketika mereka memasuki bulan Romadhan.

Lalu bagaimana dengan kita ? sudah berapa juz sampai saat ini? Masih ada waktu, jangan putus asa saudaraku, semoga Allah memudahkan kita. Wallahu waliyut Taufiq


Oleh : Ustad Abu Ghozie As Sundawie

0 Response to "RAMADHAN BULAN AL QUR'AN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel