Tanya Ustadz : Menyikapi suami yang mungkar

 

Pertanyaan :

Bismillah

Assalamualaikum ustadz maaf mau tanya, bagaimana menyingkapi suami yg suka berbohong masalah keuangan dan suami yang kecanduan games.

Karena sudah menular kan ke anaknya masalah games. dan saya merasa sibuk sendiri sedangkan suami kalau ada dirumah sibuk dengan games nya tidak perduli dengan kesibukan saya di rumah, saya sudah pernah menegur malah balik memarahi..solusinya gimana ya ustadz ?

 

Jawaban :

 الحمد لله والصلاة و السلام على رسول الله (وبعد)

Perlu di ketahui bersama hak istri tidak hanya nafkah, melainkan juga perlakuan baik dari suami terlebih pendidikan agama untuk menjaga keluarganya dari api neraka, 

Allah berfirman:

وَلَهُنَّ مِثۡلُ الَّذِىۡ عَلَيۡهِنَّ بِالۡمَعۡرُوۡفِ‌ ۖ وَلِلرِّجَالِ عَلَيۡهِنَّ دَرَجَةٌ ‌ ؕ وَاللّٰهُ عَزِيۡزٌ حَكِيۡمٌ

Dan mereka (para perempuan) mempunyai hak seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang patut. Tetapi para suami mempunyai kelebihan di atas mereka. Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.[Al Baqarah:228].


Dan selama hak istri masih dapat terpenuhi maka tidak menjadi masalah, akan tetapi ketika sudah melalaikan dari memenuhi hak-hak istri maka harus di ingatkan

Dan Sebagai seorang istri hendaklah tetap menjaga ketaatan kepada suami, dan menasihatinya perlahan-lahan sembari berdoa kepada Allah, semoga Allah ﷻ memberikan hidayah kepada sang suami.

 Dari Aisyah radhiyallahu anha, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ الرِّفْقَ لاَ يَكُونُ فِى شَىْءٍ إِلاَّ زَانَهُ وَلاَ يُنْزَعُ مِنْ شَىْءٍ إِلاَّ شَانَهُ


Setiap sikap kelembutan yang ada pada sesuatu, pasti akan menghiasinya. Dan tidaklah ia dicabut dari sesuatu, kecuali akan memperburuknya. (HR. Muslim, no. 2594)

والله أعلم

Dijawab Ustadz Yana Suryana S.Pd

Wakaf pembangunan Darul Tahfidz Al Kautsar Yatim Dhuafa

Yayasan Arisan Nasi Indonesia
Bank Mandiri 1340010363041
BSI 8877713197

Kode 03 contoh 500.003

Info 081289851319
https://donasi.arisannasi.org/

Syukron Jazakumullahu Khairan barakallahu fikum

 

 

0 Response to "Tanya Ustadz : Menyikapi suami yang mungkar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel