Tanya ustadz : apakah orang bunuh diri termasuk takdir ?

 


Bismillahirohmanirohim 

Pertanyaan :

Ustadz maaf saya mau tanya
Bolehkah kita mengucapkan salam dan menjawab salam seperti kepada sesama muslim yaitu assalamualaikum kepada non muslim ?

di tanyakan oleh NN - Hamba Allah

Jawaban

Salam secara bahasa bermakna keselamatan. Dan secara syar'i bermakna do'a permohonan keselamatan dan kesejahteraan dari Alloh.

Namun dalam bahasa indonesia bermakna pemuliaan dan penghormatan.

Maka mengucapan salam kepada non muslim dilarang didalam islam. Yang dianjurkan adalah mendoakannua agar mendapat hidayah.

Jika non muslim mengucapkan salam kepada kita, maka wajib kita menjawabnya dengan ucapan 'alaikum saja. Atau bila mereka mengucapkan Selamat Pagi/Malam/Siang.. maka boleh kita balas dengan Pagi/Malam/Siang.. saja.

Atau tidak menjawabnya. Namun semua kita ucapkan dengan lembut bahasa yang sopan bukan dengan kasar.

Dan jangan lupa kita do'akan Semoga Alloh memberi hidayah kepadanya

Wallohu a'lam 

di Jawab oleh ustadz Jafar

----------------------------------------------------------------------------------------------
Pertanyaan ;

Assalamualaikum
Ustadz saya mau tanya doa yang harus saya panjatkan setelah sholat untuk mendoakan orang tua yang sudah meninggal dan sebaiknya apakah berdoa nya itu didahulukan untuk yang masih hidup apa yang sudah meninggal? terimakasih sebelumnya mi

Jawaban

Wa'alaikumussalam 

Sebaiknya berdoa di akhir sholat yaitu setelah tasyahud akhir sebelum salam. dan sebaiknya doakan dulu untuk diri sendiri kemudian untuk orang tua. Seperti doa

ALLOHUMMAGHFIRLIY WA LIWAALIYDAYYA WARHAMHUMMAA KAMAA ROBBAYYANIYA SHOGHIRRO

--------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pertanyaan ;

Bismillah
Assalamualikum 

Ustadz saya mau tanya karena penasaran , Kalo ada orang bunuh diri dan kalau bunuh diri sebenarnya apakah masih hidup atau memang sudah mati , atau memang sudah takdir nya begitu meninggal dengan bunuh diri.

Jawaban 

Semua yang bernyawa pasti akan mati. Dan Alloh yang telah menentukan kapan ajal setiap orang. Dan Alloh yang telah mentaqdirkan orang itu masuk surga atau neraka. Atau apakah itu husnul khotimah atau su'ul khotimah. Maka orang yang bunuh diri adalah contoh orang yang su'ul khotimah yaitu mengakhiri hidup didunia dengan bunuh diri. Maka dia mati dengan cara seperti itu dan terancam masuk neraka karena merupakan contoh orang yang tidak sabar dengan ujian yang Alloh berikan kepadanya.

Wallohu a'lam 

di Jawab oleh ustadz Jafar

0 Response to "Tanya ustadz : apakah orang bunuh diri termasuk takdir ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel