MEMPELAJARI ADAB SEBELUM MEMPELAJARI ILMU


Menghadiri majlis ilmu bukanlah sekedar untuk mencari ilmu semata, akan tetapi nilai lebih dari itu semua adalah seorang penuntut ilmu bisa meneladani gurunya, mendulang faedah adab dan akhlak sang guru, bagaimana adab dalam mengajarkan ilmu, menjawab pertanyaan, memberi fatwa, cara berinteraktif serta tawadlunya,  yang semua itu tidak bisa diraih kecuali dengan menghadiri majlis ilmu bersimpuh dihadapan sang guru.

Abu Bakar Al Muthowwi’iy rahimahullah berkata :

اخْتَلَفتُ إِلَى أَبِي عَبْدِ اللهِ ثِنْتَي عَشْرَةَ سَنَةً، وَهُوَ يَقْرَأُ المُسْنَدَ عَلَى أَوْلاَدِهِ، فَمَا كَتَبْتُ عَنْهُ حَدِيْثاً وَاحِداً، إِنَّمَا كُنْتُ أَنْظُرُ إِلَى هَدْيِهِ وَأَخلاَقِهِ.


“Aku berguru kepada Abu Abdullah (Imam Ahmad bin Hanbal) selama 12 tahun, beliau membacakan kitab Musnad kepada anak anaknya, maka aku tidak mencatat satupun hadits selama itu, hanya saja aku ingin belajar adab dan akhlaknya” (Siyar A’lamin Nubala 11/316)

Imam Ad Dzahabi rahimahullah berkata :


كَانَ يَجتَمِعُ فِي مَجْلِسِ أَحْمَدَ زُهَاءُ خَمْسَةِ آلاَفٍ أَوْ يَزِيدُوْنَ نَحْوَ خَمْسِ مائَةٍ  يَكْتُبُوْنَ، وَالبَاقُوْنَ يَتَعلَّمُوْنَ مِنْهُ حُسْنَ الأَدَبِ وَالسَّمْتِ.


“Manusia berkumpul di majlisnya Imam Ahmad sekitar lima ribu lebih, yang mencatat hadits hanyalah sekitar lima ratus dan sisanya mempelajari adab dan akhlak yang baik darinya” (Siyar A’lamin Nubala 11/316)

Imam Malik Bin Anas rahimahullah menasihati seorang pemuda Quraisy :


يَا ابْنَ أَخِي تَعَلَّمَ الْأَدَبُ قَبْلَ أَنْ تَتَعَلَّمَ الْعِلْمَ
 
  “Wahai anak saudaraku, pelajarilah  adab sebelum engkau mempelajari ilmu” (Al hilyah 6/330)

Yusuf bin Al Husain rahimahullah berkata :

بِالْأَدَبِ تَفْهَمُ الْعِلْمَ وَبِاْلعِلْمِ يَصِحُ لَكَ الْعَمَلُ وَبِاْلعَمَلِ تُنَالُ الْحِكْمَةَ


“Dengan adab engkau akan memahami ilmu, sementara dengan ilmu, amalanmu akan benar, dan dengan amal engkau akan mendapatkan hikmah” (iqtidhaul ‘ilmil ‘amal hal. 170)

Para ulama dahulu ketika memandang wajah gurunya , terasa damai , indah, sehingga berpengaruh  dalam iman dan amalnya.

Yunus Bin 'Ubaid rahimahullah berkata :

كَانَ الرَّجُلُ إِذَا نَظَرَ إِلَى الْحَسَنِ انْتَفَعَ بِهِ وإن لم ير عمله ولم يسمع كلامه
 
 Adalah seseorang manakala memandang ke arah Al Hasan Al Bashri, ia langsung mengambil manfa'at (teladan), walaupun belum pernah melihat amalnya, juga belum mendengar perkataannya. semoga Allah Ta’ala memudahkan kita untuk mampu menghadiri majlis dan halaqah ilmu. wallahu a'lam

✍ Abu Ghozie As Sundawie

Belum ada Komentar untuk "MEMPELAJARI ADAB SEBELUM MEMPELAJARI ILMU "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel