Étika Bergaul

Sebagai muslim tentu akhlak mulia menjadi penting dalam bergaul di kehidupan sehari hari hari. 

Diantaranya akhlak seorang muslim dilihat dari etika bergaul yaitu sebagai seperti dibawah ini 

1. Jangan menelpon seseorang berturut-turut. Kalau tidak dijawab, berarti mereka sedang  ada hal yang penting, sedang shalat, di toilet atau di kendaraan. Kirim pesan setelah itu dan tanyakan kapan waktu yang tepat untuk menelpon.

2 . Jangan menasihati, memarahi orang di depan umum, akan membuat dia terhina, dan merendahkan orang lain, lebih baik diam atau bicara secara pribadi, bayangkan jika itu terjadi pada diri anda sendiri. Hati hati jika dia mengadu kepada tuhan nya. 

3. Jangan sering minta di traktir tapi jika Ketika ditraktir, jangan memesan menu yang mahal. Lebih elok, minta orang yang mentraktir untuk pilihkan menu.

4. Janganlah bertanya hal² sensi seperti ini, "Oh, belum kawin ya? Umur sudah berapa nih?", atau "Belum ada anak yah? Kan sudah lama kawin?", "Kenapa belum punya rumah?". Itu hal pribadi. 

5. Jika melihat sampah di lantai masjid, kantor atau rumah tidak perlu memanggil petugas, ambil saja langsung. Selain bersih, itu juga ibadah.

6. Berhati-hati dalam bercanda. Tidak semua orang bisa menerima cara kita. Kalau orang tidak suka, hentikan. Jangan diulang lagi.

7. Jika menerima pesan, usahakan balas walaupun terlambat. Ingat, bukan kita saja yang sibuk. Saat mempunyai waktu, tetap balas dan mohon maaf atas keterlambatannya.

8. Beri pujian di depan orang ramai, tetapi beri kritikan secara pribadi dan saat sendiri. Usahakan untuk menambah kebaikan, bukan membuka aib.

9. Jangan membuat rencana di depan mereka yang tidak diajak atau diikutsertakan. Jangan berbahasa daerah di depan orang yg tidak mengerti. Jangan berbisik di depan orang ketiga.

10. Hormati seseorang pada nilainya, bukan jabatan atau posisi. Seorang santri, honorer, tukang cuci, tukang gunting layak dilayani sama seperti seorang pimpiman atau CEO. Mereka sama-sama manusia. Layanan kita yang penuh adab adalah cerminan nilai dalam diri kita.

11. Jangan Kepo, selalu bertanya tanya atau mengorek2 info tentang teman mu 

12. Tengok lah ketika teman mu sakit jika tidak bisa, berikan doa atau kata kata semangat lewat  telp atau WA untuk menunjukan bahwa kamu peduli. 

13. Lanjut di koment ya 

Semoga bermanfaat. Silahkan jika ada yg ingin ditambahkan

Copas 
Darul Tahfizh Al Kautsar
Www.arisannasi.org 

0 Response to "Étika Bergaul "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel