Ketika ziarah kubur apakah yang sudah meninggal merasakan kedatangan keluarganya

 

Pertanyaan

Ustadz mau tanya , suami saya sudah meninggal , kadang saya suka ketemu dalam mimpi , apakah itu suami saya atau jin yang menyerupai suami ?

Dan  ketika ziarah kubur, apakah orang yang sudah meninggal merasakan kedatangan keluarganya . terima kasih untuk jawabannya ustadz

NN - CRB

Jawaban :

 Dijawab Oleh Ustadz Yana Suryana Abdul Fatah S.P.d

الحمد لله و الصلاة و السلام على رسول الله   و بعد

Terdapat banyak keterangan dari ulama yang menyatakan bahwasanya  ruh orang yang telah meninggal bisa berjumpa dengan ruh orang yang masih hidup dalam mimpi.

sahabat Ibnu Abbas menjelaskan :

إِنَّ أَرْوَاحَ الْأَحْيَاءِ وَالْأَمْوَاتِ تَلْتَقِي فِي الْمَنَامِ فَتَتَعَارَفُ مَا شَاءَ اللَّهُ مِنْهَا، فَإِذَا أَرَادَ جَمِيعُهَا الرُّجُوعَ إِلَى الْأَجْسَادِ أَمْسَكَ اللَّهُ أَرْوَاحَ الْأَمْوَاتِ عِنْدَهُ، وَأَرْسَلَ أَرْوَاحَ الْأَحْيَاءِ إِلَى أَجْسَادِهَا


“Sesungguhnya ruh orang yang hidup dan ruh orang mati bertemu dalam mimpi. Mereka saling mengenal sesuai yang Allah kehendaki. Ketika masing-masing hendak kembali ke jasadnya, Allah menahan ruh orang yang sudah mati di sisi-Nya, dan Allah melepaskan ruh orang yang masih hidup ke jasadnya.” (Tafsir At-Thabari 21/298, Al-Qurthubi 15/260, An-Nasafi 4/56, Zadul Masir Ibnul Jauzi 4/20, dan beberapa tafsir lainnya).

adapun mengenai apakah oran g yang meninggal merasakan kehadiran kita ketika dimakam ?
jawabannya adalah mereka merasakan kehadiran kita dan bahkan  ketika kita memberikan salam kepadanya ia akan menjawabnya dengan syarat bahwa orang itu adalah yang simayit kenal sebelumnya.

berdasarkan hadis berikut :

مَا مِنْ أَحَدٍ يَمُرُّ بِقَبْرِ أَخِيهِ الْمُؤْمِنِ كَانَ يَعْرِفُهُ فِي الدُّنْيَا فَيُسَلِّمُ عَلَيْهِ إلَّا عَرَفَهُ وَرَدَّ عَلَيْهِ السَّلَامَ


Apabila ada seseorang yang melewati kuburan saudaranya sesama mukmin  yang dia kenal di dunia, lalu dia memberi salam, maka saudaranya akan akan menjawab salamnya. (HR. Ibnu Abdil Bar, dishahihkan oleh Ibnul Mubarak)

و الله أعلم بالصواب



0 Response to "Ketika ziarah kubur apakah yang sudah meninggal merasakan kedatangan keluarganya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel