DAMPAK BURUK MAKANAN HARAM



Makanan yang haram sangat berpengaruh terhadap karakter seseorang, hal ini sesuai dengan kaedah yang dibuat oleh para ulama.

Diantara Kaedah tersebut  :

 لِلْأَكْلِ مِنَ الطَّيِّبَاتِ آثَارٌ  عَلَى النُّفُوْسِ وَالْأَبْدَانِ وَلِلْأَكْلِ مِنَ الْخَبَائِثِ الْمُحَرَّمَاتِ آثَارٌ ضَارَّةٌ بِاْلأبْدَانِ وَالْعُقُوْلِ وَالْأَخْلاَقِ.

" Makanan yang halal akan berpengaruh baik terhadap jiwa dan badan, sebaliknya makanan yang haram akan berakibat buruk lagi membahayakan terhadap badan, aqal dan prilaku"

Maksud dari kaedah diatas adalah bahwa makanan halal sangat berpengaruh terhadap kesucian jiwa, beningnya hati, diijabahnya do’a dan ibadah, sebaliknya apabila yang dikonsumsi yang haram akan berpengaruh yaitu ditolaknya do’a bahkan sangat berpengaruh terhadap prilaku yang buruk. 

Orang-orang Yahudi misalnya,  mereka adalah makhluk terlaknat dan sangat buruk perangainya, dan diantara sebab keburukan mereka adalah karena suka memakan makanan haram atau dari cara yang haram dalam mendapatkan makanan tersebut

Allah Ta'ala berfirman tentang mereka :

أُولَئِكَ الَّذِينَ لَمْ يُرِدِ اللَّهُ أَنْ يُطَهِّرَ قُلُوبَهُمْ لَهُمْ فِي الدُّنْيَا خِزْيٌ وَلَهُمْ فِي الْآخِرَةِ عَذَابٌ عَظِيمٌ سَمَّاعُونَ لِلْكَذِبِ أَكَّالُونَ لِلسُّحْتِ
“ Mereka itu adalah orang-orang yang Allah tidak hendak mensucikan hati mereka. Mereka didunia  memperoleh kehinaan sementara di akhirat mendapatkan siksaan yang besar. Mereka itu adalah orang-orang yang suka mendengar berita bohong, banyak MEMAKAN YANG HARAM ”. ( QS Al-Maidah :41-42 ).

Dan banyak sekali dampak buruk lain dari akibat mengkonsumsi makanan yang haram diantaranya doa tidak di ijabah oleh Allah , dan tentunya terancam dengan neraka, wal 'iyadzu billah

✍ Abu Ghozie As Sundawie

0 Response to "DAMPAK BURUK MAKANAN HARAM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel